Bupati Simalungun Lantik 248 Pangulu, Dr Parlindungan Purba: Semoga Menjadi Agent Of Development

Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Foto Bersama usai Melantik Para Pangulu/dok

Salingnews.com – SIMALUNGUN | Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melantik 248 Pangulu (Kepala Desa) terpilih hasil pemilihan pangulu serentak Kabupaten Simalungun periode 2023-2029 di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Rabu (07/06).

Para pangulu ini di Lantik sesuai dengan SK Bupati Simalungun No. 100.3.3.2/7162.1/15.2/2023, sebagai saksi Albert Saragih (Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra) dan Akmal H Siregar (Asisten Administrasi Umum) serta rohaniawan Islam, Kristen dan Katholik.

Ditandai dengan penandatangan berita acara pelantikan dan fakta integritas oleh Perwakilan pangulu yang di Lantik serta penyematan tanda jabatan kepada para pangulu yang dilantik.

Bupati Simalungun sampaikan ucapan selamat kepada para pangulu yang dilantik, semoga menjadi amanah dalam melanjutkan estafet Pemerintahan Nagori enam tahun ke depan.

Disampaikan Bupati, pelantikan ini merupakan puncak demokrasi lokal yang dilaksanakan beberapa bulan lalu.

“Masyarakat telah menentukan sendiri, siapa yang di percaya untuk memimpin dan menjadi pelayan masyarakat enam tahun kedepan,” kata Bupati.

“Ini bukanlah akhir, namun menjadi titik awal dimulainya penyelenggaran Pemerintahan Nagori, guna menjamin terlaksananya pembangunan Nagori, demi tercapai rakyat harus sejahtera secara lahir dan batin,” ucap Bupati.

Dihadapan pangulu yang dilantik, Bupati mengingatkan bahwa pangulu adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, oleh karenanya pangulu dituntut dan wajib menguasai data serta potensi wilayah.

Selain itu, pangulu juga dituntut untuk tertib administrasi, mengelola keuangan Nagori yang efisien, efektif, transparan, partisipatif, dan akuntabel. Serta disiplin, profesional serta berperan aktif untuk menyukseskan gerakan ‘marharoan bolon’.

Kepada masyarakat, Bupati mengajak untuk membantu dan mendukung pangulu terpilih dalam melaksanakan tugasnya.

“Mari bersama-sama menggali potensi yang ada di Nagori, lupakan perbedaan yang muncul selama proses pemilihan pangulu yang lalu, untuk menyongsong masa depan yang lebih cemerlang,” ucap Bupati.

Tampak hadir di pelantikan Pangulu ini antara lain Wakil Bupati H Zonny Waldi, ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Kapolres AKBP Ronald FC Sipayung, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy, Kajari Irfan Hergianto, Wakil Ketua DPRD Elias Barus, Anggota DPRD Hendra Sukmana Sinaga, Sekda Esron Sinaga bersama sejumlah, pejabat tinggi Pratama, Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, Ketua DWP Ny Bernadetha Esron Sinaga, pengurus PKK, dan terakhir Tokoh Masyarakat Sumut Dr Parlindungan Purba.

Dr Parlindungan Purba yang hadir secara langsung pada pelantikan pangulu tersebut, berharap agar para pangulu dapat menjadi agent of development.

“Saya berharap para pangulu menjadi penggerak pembangunan nagori dan Kabupaten Simalungun serta mengajak masyarakat untuk ‘marharoan bolon’ kerja secara bergotong royong. Dan, dapat memanfaatkan potensi desa/nagori dengan sebaik-baiknya. Semoga para pangulu yang dilantik amanah dalam menjalankan tugas-tugasnya ke depan,” ucapnya via pesan singkat WhatsApp, Rabu (7/6) sore.

Penulis : InfokomSim/D
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai