Momen HUT RI, Kampung di Siantar ini Sulap Dinding dengan Mural dan Tulisan

Ket. Foto : Warga di Gang Kelinci bergotong royong menghias dinding, Minggu (6/8)/dok

Salingnews.com – SIANTAR | Biasanya menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi suatu momentum setiap tahunnya.

Apalagi momen tersebut menjadi agenda rutin masyarakat di daerah untuk menggelar kegiatan seperti perlombaan.

Seperti yang dilakukan warga Gang Kelinci di Jalan Jawa, Kelurahan Bantan, Kecamatan Siantar Barat. Sepanjang 100 meter dinding disulap dengan dihiasi penuh warna warni.

Selain warga mulai mengibarkan bendera Merah Putih di halaman rumah masing-masing, terdapat juga berbagai mural tokoh pahlawan dan tulisan bernuansa kemerdekaan.

Warga di Gang Kelinci ini bergotong royong menyulap dinding. Selain menjelang HUT RI ke-78, hal itu dilakukan untuk menambah rasa persatuan warga dalam bekerja sama.

Seperti yang disampaikan seorang warga, H Kasim (66), mengatakan cukup senang melihat kekompakan warga di sini dalam menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia.

“Kalau seperti ini (dinding) tampak mewah, bersih, dan cerah. Tadinya sedikit kumuh, sekarang lebih estetik,” ungkapnya, Minggu (6/8) sore.

Pantauan di lokasi, warga sejak pagi hingga sore masih bergotong royong membersihkan sampah dan menggambar mural tokoh pahlawan nasional seperti yang dikenal dengan sebutan Bung Karno dan Bung Tomo.

Warga lainnya yang juga tokoh pemuda setempat, Fitra SP, dikatakannya, bahwa kegiatan tersebut spontanitas dan diinisiatori oleh seorang tokoh masyarakat di sini.

“Kami punya grup media sosial. Awalnya ada yang menyampaikan ide untuk mewarnai sepanjang dinding di Gang Kelinci. Kemudian, kita sepakat. Kita pun kolektif kolegial untuk mengerjakannya,” ucap Fitra SP yang juga Bacaleg DPRD PAN Dapil Siantar Barat-Utara ini.

Disambung Fitra SP, mewarnai dinding dengan mural dan tulisan ini dapat memotivasi warga di kelurahan lain untuk turut semangat menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI.

“Ini bisa menjadi motivasi kepada daerah lain untuk lebih kreatif memanfaatkan momentum kemerdekaan. Setelah ini, kami juga mengadakan beberapa perlombaan dan puncak acara di tanggal 19 Agustus nanti sekaligus memberikan hadiah kepada para pemenang,” mengakhiri.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai