Para Tokoh Simalungun Hadir pada Acara Pengukuhan DPP Harungguan Purba di Siantar

Ket. Foto : Ketua Umum DPP HPSI Mangapul Purba (kiri) dan Tokoh Masyarakat Sumut Parlindungan Purba (kanan) di acara pengukuhan serta pelantikan kepengurusan Harungguan Purba, Sabtu (11/3)/dok

Salingnews.com – SIANTAR | Pelantikan dan Pengukuhan (Patampei Sihilap) Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Harungguan Purba Simalungun – Indonesia (HPSI) di Lapangan Pariwisata, Jalan Merdeka, Kota Pematang Siantar, Sabtu (11/3).

Rombongan Harungguan Purba awalnya berada di Siantar Hotel (Simalungun Room) sebelum berangkat ke Lapangan Pariwisata.

Ket. Foto : Para Penasehat DPP Harungguan Purba Simalungun-Indonesia

Dari Simalungun Room, Ketua Umum DPP Harungguan Purba Simalungun – Indonesia, Mangapul Purba, menyampaikan sambutan hangatnya kepada serumpun Marga Purba yang turut hadir maupun yang sedang berada dimana pun.

Yang kemudian, rombongan tersebut menuju ke Lapangan Pariwisata dengan berjalan kaki.

Dalam rangkaian puncak acara, para penasehat maju ke depan dan membacakan nama-nama struktur kepengurusan DPP HPSI.

Penyematan Hiou Simalungun

Dihadapan Wali Kota dr Susanti Dewayani dan Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga, Mangapul Purba pun dilantik sebagai Ketua Umum, Rohdian Purba sebagai Sekretaris Umum, dan Ricardo Purba sebagai Bendahara Umum, selanjutnya diikuti struktur bidang-bidang lainnya.

Usai dilantik, Mangapul Purba mengapresiasi keseluruhan rangkaian kegiatan yang disiapkan panitia.

“Kehadiran ini untuk persatuan. Organisasi ini adalah tempat untuk membicarakan terkait ke-simalungun-an di tengah-tengah rumpun Marga Purba. Kepada Ibu Wali dan Bapak Bupati, kehadiran Harungguan Purba ini bukan membicarakan urgensi politik. Kami juga tidak inklusif melainkan membuka pintu kepada semua,” ungkapnya saat memberi kata sambutan.

Untuk diketahui, rumpun marga Purba meliputi antara lain Purba Tambak, Dasuha, Sigumonrong, Sidadolog, Girsang, Siboro, Pak-Pak, Tambun Saribu, Tondang, Tua, Manorsa, Tanjung, Silangit, dan Purba Sidagambir.

Sebagai salah satu penasehat, Pdt Rumanja Purba berharap dengan kehadiran wadah Harungguan Purba tersebut dapat mengakumulasi rumpun marga Purba seluruhnya.

“Dengan kehadiran Harungguan Purba bisa mengakumulasi semua rumpun Marga Purba seluruhnya. Kami juga mengucapkan selamat kepada Pengurus DPP yang telah dilantik. Begitu juga dengan panitia yang sudah menyukseskan jalannya acara Harungguan Purba hari ini,” ucapnya.

Setelah salah satu penasehat menyampaikan sambutannya, Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga pun mengajak Harungguan Purba agar berkolaborasi ke depannya.

“Seperti yang disampaikan ketum tadi, benar bahwa kehadiran Harungguan Purba tidak untuk berpolitik praktis. Namun, kita tidak terlepas dari politik. Maka dari itu mari berkolaborasi untuk tujuan-tujuan yang baik ke depannya,” ujarnya.

Dilanjut Radiapoh, dalam membangun Simalungun ini diharapkan kesatuan keseluruhan semua pihak.

Masih di tempat yang sama, Wali Kota Pematang Siantar diberikan kesempatan memberikan sambutannya kepada rombongan yang hadir.

“Semakin kita bersatu, maka untuk membangun Siantar-Simalungun semakin kuat. Hal itu terlihat dari beberapa waktu lalu saat Pemko Siantar dan Pemkab Simalungun membicarakan tapal batas luas wilayah di Rumah Dinas Bupati Simalungun,” ucap Susanti.

Pada kesempatan itu, dilakukan penyematan Hiou oleh Ketua Umum DPP HPSI kepada Bupati Simalungun, Wali Kota Pematang Siantar, Dr Junimart Girsang, dan Dr Parlindungan Purba. Yang bertujuan agar kerja-kerja ke depannya dapat teratur dengan sebaik-baiknya.

Dr Parlindungan Purba sebagai salah satu penasehat DPP HPSI yang juga Tokoh Masyarakat Sumut menjadi perhatian khusus. Dalam perhelatan di tahun 2024 mendatang, profil dirinya diketahui sedang dalam proses menjadi bakal calon senator dari Sumut melalui kontestasi Bacalon DPD RI.

Penulis : Dedi Damanik
Editor : Dedi Damanik

Mungkin Anda Menyukai