PKK Siantar Gelar Rakor dan Bimtek

Salingnews.com – SIANTAR | Tim Penggerak PKK Kota Pematangsiantar di bawah kepemimpinan Kusma Erizal Ginting terus melakukan gerakan. Kali ini, dengan menggelar Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis Pelatihan Kapasitas Kader TP PKK Kota Pematangsiantar Tahun 2022, di Kantor PKK Jalan Porsea, Selasa (5/7) mulai pagi hingga sore.

Kegiatan yang dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mars PKK ini, dihadiri Plt Wali Kota Pematangsiantar yang diwakili Sekda Budi Utari Siregar, Plt Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar diwakili Ketua Bidang IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan Yustina Rizki Budi Utari Siregar, Kabid Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (P3A) Nina Fauziah Lubis.

Hadir sebagai narasumber dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara; Drs H Ruhyat dan M Nirman Subkhan Nasution dengan peserta para pengurus TP PKK Kota Pematangsiantar, mulai dari Ketua Bidang, Ketua Pokja hingga anggota.

Hinsaria Sihombing, Ketua Bidang I Pembinaan Karakter Keluarga dalam laporannya menyampaikan, latar belakang dari kegiatan ini adalah SK Kepengurusan TP PKK Kota Pematangsiantar Tahun 2022-2027, serta kepengurusan TP PKK Kota Pematangsiantar yang masih baru, sehingga perlu untuk memperoleh pengetahuan tentang TP PKK yang menjadi modal dalam membina masyarakat.

“Melalui kegiatan ini diharapkan pengurus TP PKK Kota Pematangsiantar dapat memahami tugas dan fungsinya,” pungkas Hinsaria.

Selanjutnya, Yustina Rizki Budi Utari, mewakili sambutan Plt Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar Kusma Erizal Ginting mengatakan, mulai April 2022, TP PKK Kota Pematangsiantar telah dibentuk kepengurusan yang baru. Dan, sebahagian besar dari Pengurus masih baru berkecimpung di TP PKK.

“Untuk itu kami sangat membutuhkan bimbingan dan pelatihan ini sehingga nantinya kami dapat meneruskannya ke kecamatan hingga kelurahan,” tutup Yustina Rizki Budi Utari.

Sementara itu, Plt Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani dalam bimbingan dan arahan yang dibacakan Sekda Budi Utari Siregar menyampaikan, gerakan PKK merupakan gerakan dari, oleh, dan untuk masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga.

PKK yang bergerak dari tingkat lingkungan menjadikan PKK sebagai pelaku, pembina, dan motivator bagi keluarga dalam implementasi 10 Program Pokok PKK, serta mendukung dan mewujudkan program Pemerintah Kota Pematangsiantar, yang dalam hal ini, PKK memiliki peranan penting dan strategis sebagai ujung tombak dalam mensukseskan program Pemerintah melalui tiga pilar, yaitu Pendidikan, Kesehatan, dan Perekonomian, yang tercantum dalam 10 Program Pokok PKK.

“Oleh karena itu, Plt Wali Kota Pematangsiantar, meminta kepada kader PKK agar mengikuti Rakon dan Bimtek ini dengan sebaik-baiknya. Karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kemajuan gerakan PKK di Kota Pematangsiantar, terutama untuk mempercepat terwujudnya Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas, dan juga kepada Tim Penggerak PKK Kota Pematangsiantar agar melaksanakan pembinaan secara berjenjang pada kecamatan dan ke Tim PKK kelurahan hingga ke kelompok Dasawisma secara kontinu dan berkelanjutan,” ucap Budi Utari Siregar mengakhiri. (kom)

Mungkin Anda Menyukai