KS Himapsi akan Gelar Simalungun Art Festival, Wali Kota dr Susanti: Stimulus Kaum Millenial

Salingnews.com – SIANTAR | Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menyambut audiensi Perwakilan DPP Korps Senior Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (KS HIMAPSI) di Ruang Kerja Balai Kota, Selasa (25/7/2023).

Audiensi tersebut dalam rangka dukungan Pemerintah dalam Simalungun Art Festival Tahun 2023.

Kegiatan dalam rencana akan digelar selama dua hari 16-17 september 2023 bertempat di Lapangan Parkir Pariwisata.

Wali Kota dr Susanti mengatakan bahwa Pemerintah juga selalu fokus dalam pelestarian adat dan budaya Simalungun.

“Setiap agenda dan kegiatan resmi di Pemerintahan, selalu melibatkan siswa/i bidang kesenian yang menunjukkan tarian khas simalungun. Itu juga salah satu cara Pemerintah menanamkan nilai-nilai budaya pada generasi muda dan masyarakat,” ucap dr Susanti.

Rado Damanik SPd selaku Ketua Panitia mengatakan dalam kegiatan, tiga perlombaan akan menjadi fokus KS HIMAPSI untuk Kota Pematang Siantar.

“Ada tiga bu Wali Kota, yang akan kita lombakan, yakni Lomba Cipta Mars Kota Pematang Siantar, Festival Tari Kreasi Simalungun Tingkat SD dan Festival Vokal Solo lagu simalungun tingkat SMP-SMA Siantar-Simalungun,” katanya.

Ia pun berharap, dukungan pemerintah kepada kegiatan agar berjalan lancar dan mendapat antusias masyarakat.

Lebih lanjut, Wali Kota dr Susanti menambahkan bahwa Pemerintah Kota terus mendorong dan mendukung promosi budaya dan pelestarian esensi budaya, dalam hal ini budaya Simalungun.

“Kita juga patut bangga, Pakaian Khas Simalungun dalam ajang Nasional, seperti Apeksi Wilayah dan Nasional kita pamerkan dan perkenalkan kepada khalayak masyarakat Nusantara. Tentu Pemerintah Kota akan terus mendukung dan berkomitmen penuh, kegiatan positif menjadi stimulus kaum millenial untuk produktif,” tambahnya. (Lo/Tim)

Mungkin Anda Menyukai